PELANGGARAN ETIKA BISNIS DALAM PERIKLANAN – Analisis Kasus pada Iklan Garuda Indonesia 2014

Definisi Iklan

Pesan komunikasi pemasaran atau komunikasi publik tentang sesuatu produk yang disampaikan melalui sesuatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

Menurut Thomas M. Garret, SJ, iklan dipahami sebagai aktivitas-aktivitas yang lewatnya pesan-pesan visual atau oral disampaikan kepada khalayak dengan maksud menginformasikan atau memengaruhi mereka untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi, atau untuk melakukan tindakan-tindakan ekonomi secara positif terhadap idea-idea, institusi-institusi atau pribadi-pribadi yang terlibat di dalam iklan tersebut. Untuk membuat konsumen tertarik, iklan harus dibuat menarik bahkan kadang dramatis. Tapi iklan tidak diterima oleh target tertentu (langsung). Iklan dikomunikasikan kepada khalayak luas (melalui media massa komunikasi iklan akan diterima oleh semua orang, semua usia, golongan, suku, dsb). Sehingga iklan harus memiliki etika, baik moral maupun bisnis.

Menurut kamus Istilah Periklanan Indonesia, iklan adalah pesan komunikasi dari produsen/pemberi jasa kepada calon konsumen di media yang pemasangannya dilakukan atas dasar pembayaran. Periklanan adalah proses pembuatan dan penyampaian pesan yang dibayar dan disampaikan melalui sarana media massa yang bertujuan menunjuk kosumen untuk melakukan tindakan membeli/mengubah perilakunya.

Iklan adalah salah satu media promosi yang banyak digunakan oleh pihak Industri untuk mengenalkan produk-produk yang dihasilkannya kepada masyarakat luas. Iklan tersebut dapat dimuat di media elektronik seperti tv, radio, internet, dsb dan media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dsb.

Keuntungan dari adanya iklan, yaitu:

  • Adanya informasi kepada konsumer akan keberadaan suatu produk dan “kemampuan” produk tersebut. Dengan demikian konsumer mempunyai hak untuk memilih produk yang terbaik sesuai dengan kebutuhannya.
  • Adanya kompetisi sehingga dapat menekan harga jual produk kepada konsumen. Tanpa adanya iklan, berarti produk akan dijual dengan cara eksklusif  (kompetisisi sangat minimal) dan produsen bisa sangat berkuasa dalam menentukan harga jualnya.
  • Memberikan subsidi kepada media-massa sehingga masyarakat bisa menikmati media-massa dengan biaya rendah. Hampir seluruh media-massa “hidup” dari iklan (bukan dari penghasilannya atas distribusi media tersebut). Munculnya media-media gratis memperkuat fakta bahwa mereka bisa mencetak dan mendistribusikan media tersebut karena adanya penghasilan dari iklan.

ETIKA PARIWARA INDONESIA (EPI)

(Disepakati Organisasi Periklanan dan Media Massa, 2005). Berikut ini kutipan beberapa etika periklanan yang terdapat dalam kitab EPI.

Tata Krama Isi Iklan

Dari berbagai tata karma isi iklan, dalam hal ini yaitu Merendahkan dimana iklan tidak boleh merendahkan produk pesaing secara langsung maupun tidak langsung.

Di dalam iklan maskapai Garuda Indonesia, terlihat bahwa iklan ini menampilkan perbandingan antara produk dari pelayanan maskapai Garuda Indonesia dengan produk pelayanan dari maskapai lain yang bercirikan warna merah sebagai ciri khas maskapai tersebut. Dalam iklan tersebut dapat dilihat juga bahwa perbandingan tersebut secara tidak langsung bermaksud merendahkan produk pelayanan dari maskapai lain.  Meskipun strategi iklan yang dibuat oleh Garuda  Indonesia yang menampilkan bahwa kenyamanan dari konsumen menjadi tujuan utama yang dapat mereka berikan, namun dengan menyertakan dalam iklanya produk pesaing yang sejenis ini merupakan salah satu pelanggaran etika dalam beriklan. (Angga)

iklan garuda 1 garuda 2

Daftar Pustaka

http://indah-widjaya.mhs.narotama.ac.id/2013/11/18/etika-bisnis-periklanan/

http://dedewulan90.wordpress.com/2011/11/21/periklanan-dengan-menggunakan-etika-bisnis-grup/

http://sofia.mhs.narotama.ac.id/2012/12/27/etika-bisnis-periklanan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s